```````

PR Drajat Gelar Pendidikan Gender & KRR

Pimpinan Ranting IPNU IPPNU Drajat Paciran, Jum'at(22/3) kemarin menggelar kegiatan Pendidikan Gender dan Pelatihan kesehatan reproduksi remaja (KRR) di Aula MI Tarbiyatul Atfal Drajat Paciran. 
 
Ketua IPNU PAC Paciran Ahmad Miftahuddin dalam sambutannya mengatakan, Pimpinan Anak Cabang sangat mendukung sekali kegiatan yang dilaksanakan oleh PR. Drajat dalam rangka memberikan advokasi kepada para remaja tentang kesehatan reproduksi remaja. “Kita sangat mendukung sekali kegiatan ini agar jangan sampai para remaja reproduksi belum saatnya di usia sekolah,”ungkapnya. 

Lebih lanjut, Ahmad Miftahuddin mengatakan, para remaja yang mempunyai rasa keingintahuan yang cukup besar sangat rentan terhadap permasalahan seks bebas dan Narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya. Oleh karena itulah, dengan adanya kegiatan ini maka para remaja bisa mengetahui dampak buruknya pergaulan bebas dan kapan harusnya bisa bereproduksi sesuai dengan ketentuan agama dan etika di masyarakat. “Kepada para peserta setelah mendapatkan pelajaran dari kegiatan ini diharapkan bisa mengambil manfaatnya dan bisa berbagi pengetahuan dengan teman-temannya yan lain,”jelas Ketua IPNU PAC Paciran Tersebut. 

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Rekan Baharudin Alfi Salam dalam laporannya mengatakan, maksud dari kegiatan itu adalah untuk membantu remaja agar tegar dari resiko triad KRR dan memiliki status system reproduksi yang sehat melalui peningkatan komitmen, pemberian informasi, pelayanan konseling, rujukan medis dan pendidikan kecakapan hidup, serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya. “Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, sikap, dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, untuk meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya, dan mempersiapkan kehidupan berkeluarga dalam mendukung upaya peningkatan kualitas generasi mendatang,’ungkap Bahar.

Lebih lanjut, Bahar yang juga menjabat sebagai Ketua Osis MA Tarbiyatut Tholabah mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 50 orang terdiri dari pelajar IPNU IPPNU se-Paciran, sedangkan narasumber terdiri dari 1 Orang dari Aliansi Perempuan Lamongan (APEL) dan 2 orang dari Rahima Jakarta . “Materi yang diberikan adalah Kesetaraan Gender dan kesehatan reproduksi remaja, Kegiatan ini dilaksanakan selama sehari penuh,”jelas Bahar.