```````

PW IPNU Jatim dan SG Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jatim menggelar pendidikan dan pelatihan  kewirausahaan. Tujuan pelatihan dan pendidikan ini dimaksudkan untuk mewujudkan pemuda maupun pemudi yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kewirausahaan mandiri.

Pasalnya, berdasarkan survei Kementrian Kordinator Perekonomian Indonesia jumlah enterpreneur baru mencapai 0,18 persen dari 200 juta lebih penduduk Indonesia.
Dalam pelatihan tersebut IPNU Jatim menghadirkan beberapa narasumber sebagai motivator kewirausahaan. Salah satu diantaranya adalah H.Muslich Hasyim dari Hipmi Jatim, Dadya Indraksa perwakilan Kadin Jatim, dan Juhan Sucahyono dari divisi pengelolaan lingkungan sosial korporasi (PLSK) PT Semen Gresik (persero) Tbk.
Menurut Ketua IPPNU PW Jatim Imam Fadlli, alasan digelarnya pelatihan dan pendidikan tersebut karena masih sedikit pelaku usaha muda dari kalangan nadliyin berkiprah di sektor wira usaha mandiri.
"Kami berharap setelah adanya pelatihan dan pendidikan singkat ini. Ke depan akan banyak lagi pelaku usaha dari IPPNU yang berani tampil beda di dunia enterprenuer," katanya di sela-sela Pendidikan dan Pelatihan Kewirausahaan di aula SMA NU 1 Gresik, Minggu (21/10/2012).
Sementara itu, dalam pemaparan yang dilakukan H.Muslich Hasyim perwakilan dari Hipmi Jatim menjelaskan, saat ini yang dibutuhkan adalah kader-kader generasi pemuda yang bisa berwirausaha. Dengan cara itu, dapat meningkatkan perekonomian generasi muda dan menjadi pelaku usaha-usaha baru ke depannya.
"Sebagian besar yang ikut pelatihan ini rata-rata masih rencana dalam menggeluti bisnis. Kendati demikian dirinya berharap para IPPNU yang berniat menjadi pebisnis harus memiliki semangat. Sebab, tanpa semangat mustahil bisa sukses," tuturnya.
Menanggapi hal ini, Juhan Sucahyono dari Pengelolaan Sosial dan Lingkungan Korporasi (PSLK), PT Semen Gresik (persero) Tbk mengatakan, untuk mengoptimalkan daya guna program kemitraan, pihaknya berupaya memberikan bimbingan usaha dan solusi sebaik mungkin sesuai problem yang dihadapi masing-masing mitra binaannya.
Pimpinan Anak Cabang IPNU IPPNU Paciran Lamongan yang turut mengirimkan delegasi sebanyak 20 rekan rekanita cukup antusias mengikuti kegiatan tersebus. Dan bulan depan PAC IPNU IPPNU Paciran akan melaksanakan kegiatan serupa sebagai upaya memberdayakan para pemuda dan remaja usia produktif untuk meningkatkan pengetahuan, dan sikap mental sesuai dengan kebutuhan/peluang pasar kerja pada dunia usaha serta mendorong pemuda mempunyai jiwa entrepreneurship.