```````

IPNU IPPNU Paciran Kembangkan Jiwa Kewirausahaan

Jum'at (30/11) lalu PAC IPNU IPPNU Paciran menggelar diklat kewirausahaan yang dikuti sekitar 60 peserta perwakilan dari PR/PK IPNU IPPNU Se-Anak Cabang Paciran. Diklat Kewirausahaan ini mengambil tema "Tingkatkan Produktiftas dalam Negeri Melalui Kreatifitas Pelajar Untuk Indonesia yang Mandiri". Bertempat di Auditorium MI. Tarbiyatul Athfal Drajat Paciran.

Acara pembukaan dilaksanakan pukul 08:00 WIB. Diawali dengan tilawah AlQuran, Shalawat Nabi, Mars, kemudian sambutan dari ketua panitia dan dilanjutkan dengan Ketua IPNU yang sekaligus membuka acara diklat ini. Setelah itu para peserta berkesempatan menyimak paparan dari salah satu Guru Besar Ponpes Sunan Drajat, Bpk. Msbuudi,SE.. Cukup banyak yang bisa diserap dari paparan beliau mengenai materi kewirausahaan, hingga tak terasa waktu sudah menjelang Shalat Jum'at.

Setelah istirahat, sholat dan makan, Sesi kedua menghadirkan Bpk. Aminuddin, S.Pd. dengan tema: "Manajemen Bisnis yang Efektif".

Sesi terakhir adalah Teknik dan Praktek Menyablon yang langsung disampaikan ahlinya Bpk. Masykur Amin, S.Pd.I. yang merupakan Pimpinan dari CV. Persada Jaya Sunan Drajat.

Menjelang sore hari acara ditutup secara resmi, setelah sebelumnya mendengarkan kesan-pesan peserta dan rencana follow up kegiatan ini. Secara umum peserta terlihat antusias mengikuiti sesi demi sesi, bahkan ada yang menginginkan agar segera di follow up gagasan-gagasan yang telah disampaikan. Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat banyak di hari esok.